Sekolah Gratis dengan Fasilitas Lengkap. Apa Mungkin?

0 komentar

Ada harga, ada kualitas. Eemmm… ini menjadi slogan produk. Kalau mau mendapatkan kualitas yang bagus ya tentunya ada harga yang bagus pula. Lalu bagaimana dengan judul di atas? Sekolah gratis tapi fasilitas lengkap? Mungkin tidak sih?

Yaa bisa saja. Gratis di sini untuk pendidikan siswanya, orang tua siswa yang biasa mengeluarkan juataan rupiah untuk dana pendidikan, tidak berlaku di sekolah gratis ini. Lalu bagimana dengan oprasional sekolah, gaji guru, sarana dan pra sarana, dan lain-lainnya?

Dok. Pribadi (Gedung SMK Informatika Utama)

Baik, di sini saya akan perkenalkan kalian tentang sekolah gratis berfasilitas lengkap juga memiliki kualitas yang bagus. SMK Informatika Utama namanya. Sekolah gratis yang dibiayai oleh YBM PLN ini beralamat di jalan JCC Kompleks PLN P2B TJBB Krukut Limo, Depok. Sekolah berbasis IT ini sudah 13 tahun berdiri. Sudah meluluskan 11 angkatan dengan jumlah siswa lebih dari 300.

Bukti fasilitas lengkapnya apa sih?
Disini ada 3 lab komputer dengan masing-masing ruangan terdapat 30 unit komputer, bahkan rencananya dipertengahan tahun 2019 ini akan tambah satu lab komputer lagi. wowww… jadi kalau satu lab terdapat 30 komputer berati SMK Informatika Utama punya 120 unit komputer. Woowwww baget gak sih…

Bukan hanya itu aja loh,,, biasanya ni, disekolah lain kalau guru membutuhkan proyektor sebagai media pembelajaran, sang guru harus membawa proyektor dari ruang guru ke ruang kelas, itu pun kalau proyektornya tidak di pakai guru lain. Kalau di pakai guru lain? Yaaaa jadinya sang guru tersebut tidak bisa menggunakan proyektor untuk mengajar. Naahhh di SMK Informatika Utama, sekolah binaan YBM PLN ini setiap kelas dilengkapi proyektor, jadi gak ada drama guru rebutan proyektor ketika mau mengajar. Heeee…

Ruang kelas yang luas dilengkapi dengan dua AC pada setiap kelasnya membuat siswa dan guru nyaman melaksanaan kegiatan belajar mengajar. Enak banget yaa siswa yang sekolah di sini!! Sudah gratis fasilitas lengkap lengkap pula. 

Lalu bagaimana dengan mutunya?
Guru menjadi motor penggerak pendidikan. Guru di sekolah binaan YBM PLN ini, bukan guru jam terbang. Artinya apa? Guru yang mengajar di sekolah ini full berada di sekolah dari jam masuk sampai jam pulang (pukul 07.00 s.d. 15.00). Dengan begitu, guru bisa mempersiapkan perangkat pelajaran dan juga bisa fokus untuk pendampingan siswa.

Dok. Pribadi (Piangam Penghargaan dari Menteri Pendidikan Anis Baswedan)

Prestasi yang diraih oleh sekolah ini pun jangan diragukan. Tahun 2015 memperoleh piagam penghargaan dari menteri pendidikan dan kebudayaan, Anis Baswedan, sebagai sekolah penyelengaara UNBK berintegritas. Tahun 2016 mendapatkan penghargaan kepala sekolah berprestasi.  Pernah meraih nilai UN Bahasa Indonesia dan Matimatika tertinggi sekota Depok, dan banyak lagi prestasi lainnya yang didapat.

Alhamdulillah sekolah ini berdiri tegak atas dana zakat karyawan PLN yang dikelola oleh YBM PLN. Berbagai manfaat dapat langsung dirasakan oleh siswa, guru, dan penggerak pendidikan sekolah gratis bagi kaum dhuafa ini.

Lulusan SMK Informatika Utama juga sudah bekerja, bahkan sebelum mereka menerima ijazah SMK sudah diterima di perusahaan. Setelah lulus dari sekolah ini banyak diantara mereka yang melanjutkan ke perguruan tinggi dengan biaya sendiri, selain itu mereka juga bisa membantu meringankan beban orang tuanya dalam memenuhi kebutuhan hidup, bahkan tak sedikit dari alumni sekolah ini mampu membiayai adiknya sekolah.
Wooww… berkah sekali yaaa….


Para alumni ini pun sekarang tergabung dalam komunitas FOKAL (Forum Komunitas Alumni) SMK Informatika Utama. Setiap bulan mereka menyisihkan gajinya ke KOMZIS SMK Informatika Utama, yang nantinya dana tersebut digunakan untuk kegiatan bakti sosial, salah satu contohnya pembagian sembako untuk dhuafa yang diselenggarakan setahun dua kali. Hal ini sejalan dengan visi-misi YBM PLN, menjadikan Mustahik menjadi Muzakki. Keren baget yaa…

Sumber: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dompetsampah&hl=en_US
                                                        

Satu lagi ni, sekolah ini juga sedang mengembangkan program inovasinya. Apa itu? APLIKASI DOMPET SAMPAH. Aplikasi yang dibuat oleh siswa SMK ini mendapat sambutan yang baik oleh YBM PLN, program ini hadir untuk mengedukasi masyarakat dalam memilah milih sampah dan juga membiasakan masyarakat untuk menabung. Silahkan download aja aplikasinya di play store. Sekarang memang zamannya serba online, sampah daur ulang dijual di sini. Nanti akan ada armada Dompet Sampah yang akan menjemputnya.

Bagaimana dengan sekolah gratis dengan fasilitas lengkap? Benar-benar ada, yaa!!

Terima kasih telah mampir.
Jangan lupa buanglah sampah pada tepatnya
Menjejak manfaat ramadhan
Jangan lupa zakatnya

Salam Ukhty Iza ^_^



Posting Komentar